Friday, January 30, 2009

PENGEN TAHU PROSES PRODUKSI ALBUM?

Temen-temen yang pengen tahu proses produksi sebuah album.. aku mau share pengalamanku nih..

I.   TAHAP PEMILIHAN MATERI

      Tahap ini menentukan konsep albumnya, jenis musiknya, jenis lagu-nya, lirik-nya sampai aransemennya, ya intinya semua hal yang berhubungan dengan materi album. 

Producer yang mengambil keputusan. Tahap ini idealnya gitu, walaupun pada kenyataannya materi masih bisa berubah disaat-saat terakhir.. hehe.. buatku sih, pengalaman kemaren, ditahap ini aku masih berimajinasi seperti apa ntar albumnya.  Masih terbuka buat banyak perubahan ternyata.

II.   TAHAP LATIHAN (ARANSEMEN) DAN ATAU REKAMAN MUSIK

   Untuk album band, tahap latihan membuat aransemen dasar dipisahkan dari tahap rekaman. sedangkan untuk album solo seperti aku kemaren, bisa langsung sekali kerja.

Jadi, karena aku ngerjain sendiri aransemennya, otomatis aransemen dasar yang aku pikirkan bisa langsung aku rekam saat itu juga di komputerku. Toh masih editable dan biasanya pasti masih berubah makin baik dari hari ke hari.  Tips nya, jangan berlama-lama mikirin ide. begitu terpikirkan sebuah ide, langsung rekam aja.. 

Aku sendiri memakai software Nuendo 3.2  yg menurutku fasilitas editing MIDI nya paling tOP! hehe.. eh aku belum di endorse steinberg lho padahal kok aku promosiin Nuendo yagh.. haha..

Pengalamanku, untuk arranging 1 lagu aku perlu 2-5 hari kerja depends on mood and idea.  Coz aku harus membagi pikiranku untuk bikin part drum,bass,keyboard,guitar,loop,orchestra,etc sesuai kebutuhan lagu.  

Aku sendiri freak ama orchestra, jadi kalo lagi arranging orchestra, wuih menikmati banget. hehe.. mungkin gara2  doyan nonton bioskop dan selalu cari kursi tengah supaya bisa tahu detil semua musik filmnya hehe..

Ingat, tahap ini, goalnya adalah aransemen musik jadi.  Kalau Band, begitu aransemen jadi,cepetan masuk studio dan rekaman.  

III. TAHAP REKAMAN VOCAL, BACKING VOCAL, INSTRUMENT YANG PERLU DITAMBAHKAN LAGI

Tahap ini rekaman Vocal dan backing vocal.  Aku sih lebih suka lead vocal dulu, baru backingnya rekaman.  

Pastikan semuanya perfect dan ingat, untuk urusan satu ini, sangat vital. Percayakan orang-orang yang punya telinga luar biasa untuk membantu kita dalam menganalisa rekaman vocal.

Biasanya setelah semua beres.. masih ada ide2 untuk menambahkan sound dari instrument tertentu.  Buat aku sih sah-sah aja.. hehe...

IV.  TAHAP EDITING & MIXING

Tahap ini editing seluruh track dari noise, bad notes, fals, part gak penting dan goalnya adalah track-track yang siap dimixing.

Tahap mixing merupakan tahap kreatif yang sangat vital. Lagu nya bisa ancur atau jadi wow di tahap ini.  Balancing volume, panning dan frekuensi di tiap lagu.

Ini tahap gila.. bener2 menentukan dan bahkan bisa bikin ancur semua tahap lainnya.  Aku masih ingat kemaren nekad mixing sendiri dan Tuhan 'ajar' aku secara private hehe.. gimana gak, setelah yakin mixing untuk lagu 'kebanggaanMu' misalnya, aku dengerin besoknya, ternyata ada point-point mixing yang aku lupain.. jadi harus mixing ulang.. begitu seterusnya sampai mixing 1 lagu aja bisa habis 1 minggu karena ke cupu an ku. haha..

But.. setelah mixing 10 lagu.. puji Tuhan.. puji Tuhan.. wow..  sekarang jadi ngerti gimana seharusnya mixing itu..  Tuhan luar biasa baiknya..  ^_^

V.  TAHAP MASTERING

    Tahap ini juga bukan main pentingnya.  Harus dikerjain orang yang sudah master di audio dan punya alat dan studio yang layak untuk mastering.

so, karena aku cuma tahu theori dan gak punya alat/studio yang layak, di album solo ku kemaren aku percayakan ke mas Indra Q yang jago banget urusana audio. Lagi berdoa nih agar someday Tuhan ijinkan aku punya studio dan alat-alat sendiri buat mastering... ^_^

Tahap ini adalah tahap balancing keseluruhan lagu dalam 1 album.  Albumku kemaren termasuk yang agak ribet buat di mastering karena yang mixing berbeda orang. gak cuma 1 orang.  Kalau yang mixing 1 orang aja akan jauh lebih mudah masteringnya.

VI.  Tahap REPLIKASI, COVER.

Yap... kalau udah jadi master cd -nya, serahin ke major label, mereka yang akan mereplikasi menjadi sejumlah yang disepakati. 

Cover urusan producer dan artistnya. Design-nya sebaiknya dikerjakan oleh designer cover album yang sudah berpengalaman, kecuali ini sudah album ke 3,4 dan anda sudah punya fans loyal lho ya...

Kalau masih album pertama, jangan anggap enteng cover.. sangat penting.

VII.  TAHAP PROMOSi, DISTRIBUSI, PEMASARAN...

Yah... selamat, di tahap ini kita sudah punya album dan siap di pasarkan...

Promo bisa ke majalah, koran, radio, televisi.  

Distribusi bisa diserahkan ke major label untuk titip edar, atau ke distributor atau kita masukkin sendiri ke toko-toko.  Tapi perlu diketahui, toko hanya menerima album dari major label yang berarti di tiap cd yang masuk toko dilengkapi stiker PPN dari major label...

OKAY.............. UDAH 

Kalau ada temen-temen yang terobsesi/punya kerinduan luar biasa ingin punya album.. contact aku yah.. mungkin kita bisa bekerjasama...

Ronee.

ronny_psd@yahoo.com  (friendster n facebook)

   

1 comment:

  1. Hallow bos..! Permasalahan gw di Vocal nih, harus pake apa supaya hasilnya bagus dan masuknya besar selama ini langsung dari mike ke PC, dan hasilnya kecil otomatis kl dibesarin pecah. Ada alat lg gak yg harus di pake?

    ReplyDelete